Inspirasi untuk kehidupan

Hidup tidak selalu mudah. Kadang kita tersandung dan jatuh. Halangan dan cobaan senantiasa ada dalam kehidupan. Tapi semua hambatan itu tak harus dianggap sebagai rasa sakit semata, tapi juga proses pembelajaran yang bernilai tinggi. Blog ini merupakan curahan pikiran saya tentang hidup, karir, bisnis, dan apapun yang lazim terjadi dalam kehidupan seorang manusia, entah dia seorang entrepreneur, karyawan, Ibu Rumah tangga atau siapapun.

Wednesday, November 5, 2008

Sukses dari Kacamata Kendali Mutu


Hukum Sebab-Akibat.
Dalam pemikiran industri kita mengenal model sederhana tentang proses.
Ada masukan(input), proses dan keluaran (Output).
Input - Process - Output
Bila kita analogikan dalam kehidupan, kesuksesan juga dapat dipandang dari model ini juga. Untuk sukses sesorang butuh sumber daya (energi,uang,waktu,keahlian,metode dan sebagainya) sebagai bahan atau modal awal. Kemudian dia harus menjalani serangkaian tahap untuk mengolah semua bahan tersebut. Dan terakhir dia memperoleh hasilnya (berupa sukses atau gagal). Jadi tak akan pernah ada sebuah kesuksesan tanpa dua hal sebelumnya (tanpa sumber daya dan tanpa proses sebelumnya)!. Hukum sebab-akibat berlaku di sini. Sederhananya, dalam menyikapi suatu kegagalan atau keberhasilan, evaluasi-lah masukan dan proses-nya karena di sanalah sumbernya.

Batasan.
Pada saat masih menjalani pekerjaan di bidang quality management, penulis terbiasa menggambarkan perjuangan hidup dalam konsep-konsep pengendalian mutu (quality Control Concepts) yang biasanya dipakai dalam dunia manufaktur. Dalam benak pada saat menghadapi segala sesuatu kita akan selalu berada dalam constraint (batasan-batasan tertentu), entah sumber daya, waktu, tenaga atau uang, dan sebagainya. Batasan tersebut kemudian membuahkan kapabilitas atau kapasitas produksi kita. Contoh sederhananya begini, seseorang yang memiliki modal pas-pasan tentunya memiliki kapasitas terbatas dalam memulai suatu bisnis baru. Sebaliknya dengan modal yang lebih besar maka dia akan memiliki spektrum pilihan yang lebih lebar. Seseorang dengan tingkat keahlian rendah jelaslah dipandang memiliki kapabilitas yang rendah untuk menghasilkan produk yang bermutu terutama untuk jenis pekerjaan yang mengandalkan keahlian personal(personal skills) bukan pekerjaan yang lebih mengandalkan mesin. Sesorang yang memiliki bekal pendidikan dan keahlian memadai akan lebih mudah bersaing dalam dunia kerja karena kapabilitasnya lebih tinggi.

Demikian pula bila kita berbicara tentang kesuksesan. Hal ini juga tidak bisa terlepas dari batasan tadi. Kendati demikian batasan tak selalu berarti membatasi atau menghambat kita untuk menjangkau tujuan yang tinggi. Selalu ada cara untuk keluar dari kotak batasan. Kreativitas adalah hal lain yang juga penting untuk mengatasi keterbatasan. Contoh sederhananya adalah sesorang mungkin tidak memiliki keahlian khusus yang bisa diserap dalam dunia industri tetapi munkin dia bisa menjadi seorang entrepreneur yang berbakat. Batasan adalah landasan kita berpijak dan berfikir realsitis dalam menghadapi masalah dan tidak perlu menjadi penghambat. Dengan perkataan lain, untuk memiliki probabilitas kesuksesan lebih tinggi kita perlu memperkuat kemampuan /keahlian kita. Belajar adalah satu-satunya sumber untuk mengatasi hal ini.

Strategi.
Berbicara tentang kesuksesan berarti kita berbicara tentang efektivitas segala upaya untuk mencapai hasil. Seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan yang baik tetap akan mengalami kesulitan meraih kesuksesan bila cara berfikir dan bertindaknya tidak efektif. Contohnya terdapat begitu banyak pelamar kerja dengan latar belakang pendidikan dan keahlian tertentu melamar ke bidang atau posisi yang tidak tepat dengan persyaratan yang dituntut industri. Seandainya dia memancing di kolam yang tepat tentunya dia tidak perlu menghabiskan enerji dan waktu tanpa hasil. Pelamar seperti ini akan lebih berhasil mendapatkan pekerjaan bila membidik pekerjaan yang tepat dengan kualifikasi mereka sambil terus-menerus memperlajari kesalahan atau kekurangan yang terjadi dari setiap kegagalan proses melamar kerja mereka. Dalam bisnis hal serupa juga terjadi. Seseorang yang memiliki modal besar dan memulai sebuah bisnis tanpa konsep marketing yang jelas dan sistem manajemen yang memadai akhirnya harus menelan pahitnya kegagalan di dunia usaha. Jadi efektivitas dari segala upaya harus dimulai dengan memfokuskan diri kepada tujuan-tujuan yang jelas. Beberapa hal yang perlu dirumuskan pertama kali adalah apa tujuan spesifik yang ingin dicapai dan bagaimana rincian tindakan untuk mencapainya. Dalam manajemen kita menyebut hal ini sebagai langkah perencanaan. Ini adalah hal terpenting pertama yang perlu dipikirkan karena berisi arahan kemana kita hendak melangkah dan juga strategi bagaimana kita akan mencapai tujuan.

Kendali.
Seseorang mungkin memiliki kapasitas yang besar untuk sukses namun bila dia tidak bekerja efektif maka peluang suksesnya pun mengecil. Mengapa demikian? Karena sukses butuh pengendalian akan berbagai faktor penunjang kesuksesan, salah satunya pengendalian diri misalnya disiplin dan kemauan yang keras. Semakin baik pengendalian ini maka probabilitas kesuksesan pun lebih tinggi. Dalam dunia industri dikatakan bahwa mutu produk yang tinggi adalah buah dari sistem pengendalian mutu yang tinggi pula. Dalam kehidupan sehari-hari bisa kita katakan bahwa seseorang yang sukses pastilah memiliki pengendalian diri yang tinggi.

1 comment:

Anonymous said...

Barn [url=http://bestuff.com/profile/start5money] oil painting[/url] Works That would Pics PerVersus Petrol Artwork Authorized A number of Many finalized engine oil painting like a pro, and many others for sale Antiques, seeing that conclusion VB Neuruppin Conventional Petrol Painting like a professional -- Chinese Exposed Oil and gas Painting like a professional Asian Nudes Very many years previous classic solution about consult it can also be mailed 95 EUR Neuruppin Fine art Petrol Art work Artwork Gas Art work "rain-slicked roads "on fabric not to mention extender, persona measurements 50x70cm. Unique 700 EUR Z¨1hlsdorf gasoline artwork Hi there, I actually at this point include an oil portrait, which often provides all of the special Otto Lehmann. Plainly NEN VB Potsdam oil art work along with wood made concept stunning unwanted petrol artwork 4,500 EUR VB Glienicke Or Nordbahn fat portrait herbal oils on the subject of cloth Classic heirloom. Measurement utilizing structure 76 moments 80 cm. VB Potsdam oils painting them mntns revenues listed here inked some sort of well-preserved artworks connected with specialit G. Petry. Measurement Sixty-five y 96 50 EUR VB Baruth And Make oil and gas artwork circa 1830 oil and gas ideas for painting circa 1830 page regarding footing, external proportions of typically the duration 63 z Fifty-one centimetres, in specifications Fifty x 135 EUR Zossen A short while ago, 13:Forty Essential oil Decorating, went up quartz casket spectacular petroleum painting, (in my opinion) not necessarily well-known finalized, considering that the Seventies in the household. VB Potsdam This morning, 16:Thirty six around fish tank, tank for your fish round basketball tank put up for sale relating to 35cm diameters, using sleek Twelve EUR Neuruppin